Profil RBP

PROFIL REFORMASI BIROKRASI POLRES TABANAN

PENDAHULUAN.

Implementasi Reformasi Birokrasi Polri gelombang II merupakan penjabaran program berdasarkan hasil analisis dan evaluasi dari pelaksanaan Program Reformasi Birokrasi gelombang I, diintegrasikan dengan acuan strategis Polri, yaitu Grand Strategy Polri, Renstra Polri dan Revitalisasi Polri serta mengacu pada 9 (sembilan) program Reformasi Birokrasi Nasional. Dengan demikian, akan terjamin integrasi antar program untuk mencapai tujuan strategis Polri dalam rangka mendukung tercapainya pemerintahan yang bersih dan bebas dari KKN.

Oleh karenanya, dalam rangka merealisasikan sasaran RBP gelombang II adalah melakukan konsolidasi rencana aksi program dan kegiatan yang sudah disusun sebagai panduan dalam pelaksanaan RBP gelombang II sampai tahun 2014.

 

VISI MISI REFORMASI BIROKRASI POLRI 

VISI 

Reformasi Birokrasi adalah terciptanya tata kelola pemerintahan yang baik tahun 2025

MISI

Memoderenisasi Birokrasi Polri dengan optimalisasi pemakaian teknologi  informasi dan komunikasi, mengembangkan  budaya dengan nilai- nilai kerja & perilaku yg positif.

Restrukturisasi organisasi (kelembagaan) Kepolisian dan merelokasi & meningkatkan kualitas sumber daya manusia termasuk perbaikan sistem remunerasi.

Sederhanakan sistem kerja, prosedur & mekanisme kerja dan mengembangkan mekanisme kontrol yang efektif.

 

TUJUAN

Birokrasi yang berintegritas tinggi, produktifitas tinggi, kemampuan memberikan pelayanan prima,birokrasi yg bersih, efisien, efektrif & produktif serta  transparan dan akuntabel.

           

SASARAN

  1. Terwujudnya pemerintahan yang bersih bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme.
  2. Meningkatnya kwalitas pelayanan public kepada masyarakat.
  3. Meningkatnya kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi.

 

PROGRAM KEGIATAN

1.         Program dan Kegiatan Penataan dan Penguatan Organisasi bertujuan 

mewujudkan Struktur yang tepat fungsi dan tepat  ukuran ( Right Sizing).

Untuk mendukung  Program kegiatan Penataan dan Penguatan Organisasisebagai implementasi dari program tersebut adalah  penataan dan penguatan organisasi Polri, dengan melaksanakan Restrukturisasi/penataan tugas dan fungsi pada Polres Tabanan sesuai Perkap 23 tahun 2010 yaitu Pembentukan Satpolair, Satpamobvit, Bag Ren, Sat Tahti, Sat Binmas, Subbag Humas, Subbag Hukum, Siwas pada Polres dan Unit Binmas, Unit Provost, Sium, pada Polsek Urban dan Rural, Unit serta perlu menyusun HTCK sebagai pedoman kordinasi baik Vertikal, Horisontal, Diagonal dan lintas Sektotal. Dalam mengalokasikan personil sesui DSP perlu menganalisa kebutuhan personil pada Bagian dan Fungsi dengan menyusun Analisis Beban Kerja ( ABK ).

2.    Program dan Kegiatan Penataan Tatalaksana dengan tujuan mewujudkan Sistim, proses dan prosedur kerja yang jelas, efektif, efisien, terukur dan sesuai dengan prinsip prinsip Good Governance

Upaya yang dilaksanakan dalam Program Penataan Tatalaksana yaitu Menghimpun, menata dan mengkoordinasikan penyusunan Standard Operational Procedure (SOP) tentang penyelenggaraan tugas dan fungsi, serta mensosialisasikan  SOP yang telah disusun kepada seluruh anggota agar dalam pelaksanaan tugas selalu berpedoman pada SOP yang ada. Pengembangan  Layanan Pengadaan Sistim Elektronik  ( LPSE ) saat ini di Polres Tabana  belum dilaksanakan sementara  dipusatkan di Polda Bali sebagai amanah peraturan Presiden No. 54  tahuh 2010 dalam rangka mewujudkan good governance and clean goverment. Polres Tabanan  mengembangkan  sistem Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi dalam rangka Keterbukaan Informasi Publik dengan pembuatan ruang Call Centre Polres Tabanan  dan website Polres Tabanan yang bisa diakses oleh masyarakat.

3.     Program dan Kegiatan Penataan Peraturan Perundang-undangan bertujuan terwujudnya regulasi yang lebih tertib, tidak tumpang tindih dan kondusif.

Upaya yang dilakukan dalam mendukung Program  penataan peraturan perundang-undangan adalah Identifikasi peraturan perundang-undangan yang dikeluarkan/ diterbitkan oleh Polri, Pemetaan terhadap peraturan perundang-undangan yang          tidak harmonis/tidak sinkron di lingkungan Polri dan melaksanakan Sosialisasi peraturan perundang-undangan yang baru .

4.     Program dan Kegiatan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik yang bertujuan terwujudnya pelayanan prima sesuai dengan kebutuhan dan harapan masyarakat  yang dijabarkan di masing masing fungsi antara lain:

BIDANG RESERSE KRIMINAL (RESKRIM)

Peningkatan Pelayanan di bidang Reskrim Polres Tabanan degan melakukan upaya Transparansi penyidikan yang merupakan program Quick Win Bidang Reserse 2012 telah dilaksanakan oleh jajaran Reserse Kriminal mulai dari Tingkat Polres sampai dengan unit Reskrim Polsek, dengan menerbitkan dan memberikan SP2HP kepada korban / pelapor secara langsung dan melaui Website : www.polrestabanan.com  Polres Tabanan secara on line , menerima dan melayani setiap pengaduan masyarakat dengan menyediakan “ Ruang pengaduan Komplin masyarakat” serta peningkatan kring serse.

BIDANG LALU LINTAS ( LANTAS )

Program dan kegiatan peningkatan kualitas pelayanan publik dibidang lalu lintas pada Reformasi Birokrasi Polri Tahun 2012 meliputi;

  1. Pelayanan dibidang SIM telah mendapatkan sertifikat ISO 9001:2008, berupa pembuatan SIM Corner, penggunaan AVIS untuk ujian SIM, sedangkan untuk SIM Komunitas mendapatkan piala dan piagam citra dalam karya Inovasi penggunaan AVIS untuk ujian teori SIM dan “Pelayanan Prima” terealisasi pada tahun 2011
  2. Peningkatan Pelayanan dibidang STNK dapat meraih sertifikat ISO 9001:2008 dan   mendapatkan piala dan piagam citra kategori “Pelayanan Prima” dari Presiden RI.

Pelayanan dibidang BPKB telah mendapatkan sertifikat ISO 9001:2008 dan Komputerisasi BPKB juga telah memperoleh piala dan piagam citra kategori “Pelayanan Prima” dari Presiden RI yang terealisasi di Tahun 2013.

BIDANG INTELIJEN KEAMANAN (INTELKAM)

Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik bidang intelkam terkait penerbitan SKCK berpedoman pada PP No. 50 Tahun 2010 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), telah berjalan secara maksimal dengan mudah,cepat dan murah sesuai prosudur dengan standar pelayanan one Day servis dan perijinan yang merupakan kebutuhan dasar masyarakat untuk usaha, bekerja, permohonan visa, melanjutkan sekolah dan lain lain juga dalam rangka melaksakan diteksi dini, mencegah dan menangkal dengan pembentukan dan pembinaan jaringan Intelijen.

BIDANG SAMAPTA BHAYANGKARA (SABHARA)

Program peningkatan kualitas pelayanan publik bidang Sabhara dengan kegiatan Pengaturan, penjagaan, pengawalan dan patroli (Turjawali) dan penggelaran personil di sentra sentra kegiatan masyarakat, membuat Beat / Zona   patroli sesuai peta kerawanan daerah, melaksanakan TPTKP dan menangani TIPIRING, Pemanfaatan call center 112 untuk pelayanan publik dibidang Sabhara.

Pembentukan Dalmas Awal di Polsek Jajaran Polres Tabanan yang masing masing berkekuatan 38 Orang  dan Dalmas lanjut dengan kekuatan 138 orang yang berkedudukan di Mapolres. Dalmas sebagai kekuatan awal dalam pengendalian masa, unjuk rasa dan  juga melaksanakan patroli ke daerah – daerah konflik serta bantuan search and rescue (Bansar) terbatas.

BIDANG PENGAMANAN OBYEK VITAL ( PAM OBVIT )

Kegiatan Program peningkatan kualitas pelayanan publik bidang Pam Obvit adalah Pemetaan daerah-daerah / obyek Vital, obyek wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan baik domestik maupun wisatawan manca negara serta para pelaku/ pengelola obyek wisata yang ada di Kabupaten Tabanan, melaksanakan penjagaan dan patroli kawasan wisata untuk mewujudkan rasa aman para wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata wilayah Tabanan. Menggelar  personil Pam Obvit pada tempat – tempat / obyek wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Mengoptimalkan pelaksanaan  Babhinkamtibmas wisata yang telah dibentuk dalam rangka menjalin  hubungan kemitraan antara Polri dengan pelaku/pengelola obyek wisata sehingga peran serta dari masing-masing pihak dalam mewujudkan situasi kamtibmas

BIDANGPEMBINAAN MASYARAKAT (BINMAS)

Kegiatan peningkatan kualitas pelayanan publik bidang Binmas pada Reformasi Birokrasi Polri gelombang II tahun 2012 pada Polres Tabanan adalah Pembentukan dan penggelaran Petugas Polmas di 672 Banjar, dan Bhabinkamtibmas di 133 Desa, Pemasangan Ban lengan Bhabinkamtibmas dan pemasangan papan nama Bhabinkamtibmas di tiap tiap Desa, Penempatan Bhabinkamtibmas kawasan Wisata Bedugul dan  Tanah Lot serta Pembentukan Forum Kemitraan Perpolisian  Masyarakat (FKPM) sebanyak  144, serta mengadakan pertemuan dengan 2 (dua ) tokoh setiap hari

BIDANG POLISI PERAIRAN (POLAIR)

Peningkatan kualitas pelayanan publik bidang Polair adalah  melaksanakan Patroli perairan, Polmas perairan, pelayanan Bantuan SAR Perairan. Dengan dibentuknya FKPM pesisir pantai Yeh Gangga peran masyarakat dalam menciptakan situasi yang kondusip di kawasan  pesisir pantai dapat terwujud, terbukti meningkatnya kerjasama nelayan dengan Polisi perairan bersama sama melaksanakan kegiatan patroli dipesisir pantai.

BIDANG TAHANAN DAN  BARANG BUKTI      ( TAHTI )

Program dan kegiatan peningkatan kualitas pelayanan publik bidang Perawatan Tahanan dan Barang Bukti adalah  melaksanakan Sosialisasi penerapan Sop Penerimaan, Penyimpanan, Perawatan dan Pengamanan Barang Bukti , Penerapan SOP pelayanan dan perawatan  tahanan berstandar HAM, pengadaan Pakaian Tahanan warna Orange, serta menyediakan tempat penyimpanan barang bukti yang representatif.

5.  Program dan Kegiatan Penataan Sistem Manajemen SDM Aparatur

Kegiatan RBPgelombang II yang sedang dan dilaksanakan di bidang penataan sistem manajemen SDM Aparatur adalah Penataan sistem rekruitment pegawai mengimplementasikan / penjabaran mengenai Peraturan Kapolri, Keputusan Kapolri dan pembuatan SOP (Standar Operasional Prosedur), melakukan Sosialisasi SOP tentang rekruitmen Brigadir, SIPSS, AKPOL dan PNS Polri,     Sosialisasi dan penerapan perkap 16 / 2011 tentang Sistem Manajemen Kinerja dan SOP tentang tata cara penilaian kinerja, sosialisasi perkap dan SOP tentang pedoman administrasi pengisian dan pemuktahiran data RHPP, membangun Sistem Manajemen Kinerja (SMK) dengan melaksanakan sosialisasi Sistem Manajemen Kinerja terhadap personil dari tingkat atas sampai pada level bawah.

Memperkuat pola rotasi, mutasi dan promosi berdasarkan kompetensi dan kinerja Mempedomani Kep 23/2010 sebagai acuan dalam melakukan rotasi, mutasi dan promosi jabatan, Mengimplementasikan SMK secara konsekuen dan konsisten, Melaksanakan pendataan personel secara terintegrasi, terpadu, terarah dan berkesinambungan untuk mendukung pembinaan karier.

6.  Program dan Kegiatan Manajemen Perubahan

Program dan kegiatan manajemen perubahan pada RBP tahun 2012 dengan pencapaian sebagai berikut Sosialisasi kepada masyarakat tentang pemanfaatan ruang publik yang disediakan oleh Polri untuk menyampaikan pengaduan atau saran dalam bentuk Kotak saran dan pengaduan yang disediakan dalam bentuk kotak yang dibuat dari papan atau bahan lainnya  di masing masing satker dan satwil,media elektronik berupa SMS untuk menampung semua informasi dan pengaduan dari masyarakat yang membutuhkan Polri dengan nomor telephone 112, Traffic Management Center (TMC) diperuntukan bagi masyarakat   agar    lebih    mudah,    dan    cepat   dalammengakses data yang diperlukan berkaitan dengan pelayanan Kepolisian Polres Tabanan. Seperti Call Centre STNK dan BPKB, Global information System, SP2HP (surat pembritahuan perkembangan hasil penyidikan) untuk perkara laka lantas, pelayanan pengaduan lewat internet dan SMS. Selain itu TMC juga berguna untuk mengontrol kegiatan masyarakat dan kegiatan petugas kepolisian dalam pelaksanan kegiatan pengaturan, penjagaan, pengawalan dan Patroli di titik rawan yangdikendalikan lewat  TMC.

7.  Program dan Kegiatan Penguatan   Pengawasan

Dengan tujuan meningkatnya penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan bebas KKN. Program penguatan pengawasan pada Reformasi Birokrasi Polri di Tahun 2012 dilaksanakankegiatan sosialisasi Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) untuk seluruh jajaran di Polres Tabanan.

          Peningkatan penyelesaian tindak lanjut penanganan pengaduan/komplain masyarakat, oleh Seksi Pengawasan dan Seksi Propam Polres Tabanan.

Kegiatan peningkatan APIP sebagai Quality assurance dan Consulting di lingkungan Polri antara lain mensosialisasikan peraturan Kapolri Nomor 23 Tahun 2010 tentang struktur organisasi dan tata kerja pada tingkat Polres dan Polsek, Peraturan Kapolri Nomor 7 Tahun 2006 tentang Kode Etik Profesi Polri, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2003 tentang Pemberhentian Anggota Polri, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2003 tentang Peraturan Disiplin Anggota Polri, Peraturan Kapolri Nomor 22 tahun 2011 tentang pertanggung jawaban keuangan.

Meningkatnya opini BPK-RI menjadi wajar tanpa pengecualian ( WTP ) atas laporan keuangan Polri  pada tahun 2010, hal ini telah meningkatkan kepercayaan pengawas ekstern terhadap pengawas intern, dengan terselenggaranya pengawasan manajemen bidang operasional, Sumber Daya Manusia, sarana dan prasarana serta anggaran keuangan di lingkungan Polri sesuai kebijakan pada tahap I (Aspek Perencanaan dan Pengorganisasian) Si Was menyelenggarakan pengawasan di lingkungan Polres Tabanan dan Polsek untuk memberikan keyakinan yang memadai atas pelaksanaan kegiatan Polri, sesuai dengan SPIP dan kepatuhan terhadap perundang-undangan.

8.  Program dan Kegiatan Penguatan   Akuntabilitas Kinerja

Dengan tujuan meningkatnya kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi telah  diupayakan Penyempurnaan / Revisi Penyusunan LAKIP, Sosialisasikan Buku Pedoman Penyusunan Rencana Kerja ( Renja ) di lingkungan Polri dan Melaksanakan Revisi penyusunan Rencana Kerja ( Renja)  Polres Tabanan 2012 yang baru.

Program dan kegiatan Penguatan Akuntabilitas Kinerja pada Reformasi Birokrasi Polri pada  Triwulan  I Tahun 2012dengan pencapaian :

  1. Sosialisasi Revisi Pedoman penyusunan LAKIP
  2. Sosialisasi Pedoman Penyusunan Penetapan Kinerja Polres
  3. Revisi Rencana Kerja Polres Tabanan 2012
  4. Revisi Renstra Tahun 2010 – 2014 dan Renja TA. 2012

Penyusunan Lakip dan penetapan Kinerja Polres Tabanan telah berpedoman pada Peraturan Menteri Negara PAN dan RB Nomor 29 Tahun 2010 tentang Pedoman Penyusunan Penetapan Kinerja dan Pelaporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

 

KAPOLRES TABANAN

KAPOLRES TABANAN

Berita dan Informasi

Berita dan Informasi

Poling

Sejauh mana Portal Kepolisian Resor Tabanan dapat membantu anda dalam mencari informasi tentang Kepolisian di Tabanan ?

View Results

Loading ... Loading ...

Buku Tamu

Previous Next

» Leave a reply




Connect with

https://www.facebook.com/pages/Polres-Tabanan/344492598926439

Selamat Datang di Website Polres Tabanan

Selamat Datang di Website Polres Tabanan
Home | Profil Instansi | Pelayanan | Informasi | Fungsi dan Bagian | DPO | Berita | Kontak
Kepolisian Resor Tabanan Jl. Pahlawan 12, Tabanan - Bali 82113. Phone : 0361 - 811210