Humas

HUMAS NEW

HUMAS POLRI

Visi Misi Humas POLRI

VISI
“Terwujudnya Postur Humas Polri yang profesional, bermoral dan modern dibidang kehumasan guna membangun objektivitas, kepercayaan dan partisipasi masyarakat”

MISI
Berdasarkan pernyataan visi yang dicita-citakan tersebut, selanjutnya diuraikan dalam misi Humas Polri yang mencerminkan koridor tugas-tugas sebagai berikut :
(1) Membangun kemampuan kehumasan personil Polri dengan baik SDM, Sarpras, Sismet, anggaran menuju Front Office Polri;
(2) Menjalin kerjasama dengan komponen masyarakat dan pelaku komunikasi;
(3) Mencari, menghimpun, mengolah, mendistribusikan, menyimpan informasi dan data secara menyeluruh, cepat, tepat dan akurat melalui jaringan terbuka dan mudah dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menjalin komunikasi dua arah
(4) Mendukung kegiatan Kepolisian dan operasi Kepolisian;
(5) Kesiapan Polri atas kewajiban memberikan pelayanan informasi publik yang sudah diberlakukannya UU KIP, sehingga realisasi Humas Polri sebagai Front Office perlu segera diwujudkan. Karena itu diperlukan dukungan SDM, sarana prasaran berbasis TI, sistem dan metoda serta anggaran yang memadai.

PELAKSANAAN TUGAS

Humas Polri adalah jembatan penting yang menghubungkan dan penyampai informasi antara media dengan Polisi. Dalam rangka memberikan pelayanan publik, Kepolisisan Negara Republik Indonesia melalui fungsi hubungan masnyarakat, memerlukan standard / prosedur pengolahan guna memanajemen pelayanan informasi publik yang transparan dan akuntabel.

Bidang Humas adalah merupakan unsur pelaksanaan staf khusus yang bertugas menyelenggarakan fungsi ke-Humasan, melalui penyampaian berita / informasi serta kerjasama dengan media massa dalam rangka pembekalan opini masyarakat yang positif bagi pelaksanaan tugas Polri.

Bidang Humas bertugas melaksanakan Penerangan Satuan (Pensat) dalam rangka pemerataan informasi di lingkungan Polri, menyelenggarakan Peliputan, Monitoring Produksi dan pembuatan dokumentasi semua pemberitaan yang berkaitan dengan tugas dan kebijakan Pimpinan Polri.

Bidang Humas dengan fungsi penyelengaraan Penerangan yang meliputi pengelolahan dan penyampaian informasi, termasuk kerja sama / kemitraan dengan media massa berikut komponennya dan juga memberikan informasi kepada masnyarakat tentang hukum / peraturan yang berlaku atau kejadian guantibmas yang terjadi dan selanjutnya membuat laporan kepada pimpinan sebagai pertanggungjawaban dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.

MAKNA LAMBANG DAN TULISAN DALAM TANDA KEMAMPUAN FUNGSI HUMAS POLRI

Lingkaran luar berwarna hitam bertuliskan objektif, dipercaya dan partisipasi berwarna putih, merupakan moto Humas Polri.
Kemampuan Humas Polri dalam memberikan informasi secara objektif agar dapat membentuk opini dan citra positif terhadap institusi Polri, guna membangun kepercayaan masyarakat dalam rangka mewujudkan dukungan partisipasi masyarakat dalam melaksanakan tugas Kepolisian sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

Lingkaran dalam berwarna merah putih.

  • Melambangkan Bendera Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara secara terus menerus mengadakan interaksi dengan lingkungan dan selalu waspada terhadap propaganda lawan, untuk mewujudkan kesatuan wilayah, bangsa dan keamanan dalam menciptakan keutuhan NKRI.


Garis tengah berwarna hitam

  • Melambangkan garis Khatulistiwa dimana letak Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Indonesia sebagai Negara kepulauan yang terletak di antara dua samudra dan dua benua merupakan letak Negara yang strategis.


Tiga buah bintang segi lima berwarna putih.

  • Melambangkan Bintang Segi Lima menunjukkan kelima sila “Pancasila” dan sebagai dasar NKRI.
  • Tiga bintang berwarna putih melambangkan Humas Polri dalam melaksanakan tugas berpedoman kepada “Tribrata” secara tulus dan ikhlas.


Tameng berwarna hitam.
Melambangkan pengabdian Humas Polri dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat melalui informasi dan publikasi yang objektif.

Tulisan Humas Polri berwarna kuning.
Melambangkan keagungan fungsi Humas Polri yang sangat diperlukan dalam memasyarakatkan kinerja Polri.

Obor berwarna putih.

  • Melambangkan memberikan informasi dan penerangan secara cepat, benar, tepat dan akurat.
  • Memberikan informasi tentang tugas mulia Polri dalam memelihara Kamtibmas, penegakan hukum dengan melaksanakan perlindungan, pengayoman serta pelayanan masyarakat.


Lidah api berwarna merah.

Melambangkan bahwa “Catur Prasetya” dijadikan sebagai pedoman kerja dalam bidang kehumasan.

Lingkaran bola dunia berwarna biru laut.

  • Melambangkan era globalisasi yang diwarnai oleh transparansi, kebebasan, demokrasi, menghormati Hak Asasi Manusia dan pemeliharaan lingkungan hidup.
  • Dalam tugas dan peran Humas Polri harus dapat memberi dan menetralisir informasi yang dapat mempengaruhi kehidupan berbangsa dan bernegara baik yang berskala internasional, regional maupun nasional khususnya yang menyangkut bidang keamanan dan budaya patuh hukum.


Enam sinar api berwarna kuning.

  • Melambangkan kegiatan fungsi Humas Polri dalam rangka membentuk opini positif untuk menciptakan citra Polri yang baik.
  • Membuat perencanaan kegiatan Humas Polri dalam upaya mencapai tujuan organisasi.
  • Menyelenggarakan kerja sama dengan media massa dengan menginformasikan dan mengkomunikasikan serta mempublikasikan keberhasilan kinerja Polri.
  • Menjalin kemitraan dengan intansi terkait, LSM, cendekiawan, Orpol, Ormas.
  • Memberikan informasi dan penerangan kepada Personel Polri.
  • Menganalisa dan mengevaluasi informasi, berita media massa serta opini yang berkembang di masyarakat.
  • Mendokumentasikan kegiatan Polri baik kegiatan operasional maupun pembinaan dalam bentuk VCD dan foto.


Satu obor berwarna putih, 7 sinar obor berwarna oranye, 4 cincin obor berwarna hitam, dan 6 sinar obor berwarna kuning.

  • Melambangkan hari Bhayangkara 1 juli 1946.
  • Tiang obor dan nyala obor melambangkan di samping pemberian penyuluhan dan penerangan juga bermakna penyadaran hati nurani masyarakat agar selalu sadar dan patuh hukum guna menciptakan kondisi Kamtibmas yang mantap.

 

KAPOLRES TABANAN

KAPOLRES TABANAN

Berita dan Informasi

Berita dan Informasi

Poling

Sejauh mana Portal Kepolisian Resor Tabanan dapat membantu anda dalam mencari informasi tentang Kepolisian di Tabanan ?

View Results

Loading ... Loading ...

Buku Tamu

Previous Next

» Leave a reply




Connect with

https://www.facebook.com/pages/Polres-Tabanan/344492598926439

Selamat Datang di Website Polres Tabanan

Selamat Datang di Website Polres Tabanan
Home | Profil Instansi | Pelayanan | Informasi | Fungsi dan Bagian | DPO | Berita | Kontak
Kepolisian Resor Tabanan Jl. Pahlawan 12, Tabanan - Bali 82113. Phone : 0361 - 811210